FISV / Fast Idle Solenoid Valve.

 Solenoid valve pada throttle body berfungsi sebagai Auto Choke (choke otomatis) untuk memperkaya campuran saat kondisi motor dingin. Solenoid valve akan membatasi putaran idle pada 1700-2000 rpm berdasarkan input dari sensor temperatur dan bersinergi dengan ECM agar campuran tidak terlalu kaya yang dikhawatirkan akan membuat RPM idle lebih tinggi yang dapat mengakibatkan Spin pada roda belakang. 

Pemasangan komponen ini ada hubungannya dengan faktor safety dimana motor matic membutuhkan fitur safety yang lebih dari pada tipe cub walaupun sama-sama FI. 

Dimana pada motor matic saat starter di usahakan semudah mungkin motor dapat langsung hidup tanpa harus memainkan throttle  gas karena sangat berbahaya untuk tipe matic (spin roda belakang) maka dibutuhkan DC LOAD CUT RELAY yang berfungi mamutus semua beben DC sehingga kerja motor starter jauh lebih ringan sehingga motor lebih mudah hidup. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan blok silinder lengkap

Spul Sepeda Motor

Rumus Menghitung shim pada mesin DOHC