Fuel pump atau pompa bahan bakar kupas tuntas

  Pada motor tipe injeksi anda sering mendengar suara mendenyit pada awal kunci kontak diposisikan ke "on". Apakah anda tahu darimana suara itu timbul. ?? Mungkin anda yang pertama kali mendengarnya, akan merasa penasaran dari mana suara itu timbul . 

     Suara itu timbul dari bagian tangki bahan bakar.  Anda tak perlu cemas atau khawatir , karena suara itu normal bagi semua motor injeksi, justru anda harus khawatir ketika suara itu tidak terdengar ketika awal kunci kontak diposisikan "on".

   Nama komponen  yang mengeluarkan bunyi tersebut ialah "fuel pump" atau yang sering disebut mekanik pompa bahan bakar. Selanjutnya kita harus tahu apa itu fuel pump, fungsinya apa, cara kerjanya bagaimana dan apa saja yang ada pada fuel pump tersebut. Oke mari kita pelajari sekilas tentang fuel pump. 


Gambar fuel pump

Gambar fuel pump


Fuel pump ( pompa bahan bakar) adalah salah satu komponen dalam sistem bahan bakar pada sebuah kendaraan atau mesin pembakaran dalam lainnya. Fuel pump juga salah satu komponen yang fungsinya sangat vital pada motor yang mengadopsi sistem pemasukan bahan bakar dengan sistem injeksi. 

 Fuel pump berfungsi memompa/ mensuplay sejumlah bahan bakar dari tangki ke injektor dengan tekanan tertentu yang telah di tentukan oleh pabrikan motor, selanjutnya injektor menyemprotkan bahan bakar tersebut ke ruang bakar berdasarkan sinyal yang diterima dari ECU.

Karena sinyal listrik dari ECU untuk menggerakkan fuel pump tidak tetap dan tekanan bahan bakar yang dibutuhkan harus tetap pada nilai tertentu, maka fuel pump dilengkapi dengan komponen tambahan (PRESSURE REGULATOR)  untuk menjaga tekanan bahan bakar tetap pada nilai yang telah ditentukan pabrikan.  

PRESSURE REGULATOR inilah yang nantinya akan menjaga tekanan bahan bakar tetap pada nilai-nilai tertentu ketika nilai tekanan tersebut melebihi standar pabrikan. 

Untuk cara kerja dari fuel pump ini pertama-tama fuel pump menerima sinyal dari ECU dan selanjutnya dinamo bekerja, untuk aliran bahan bakar berawal dari tangki bahan bakar selanjutnya dihisap dinamo yang sebelumnya telah disaring oleh filter dan selanjutnya dialirkan ke selang bahan bakar menuju injektor, antara dinamo dan selang bahan bakar diletakkan pressure regulator untuk mengatur tekanan berlebih pada selang bahan bakar. Jadi dari tangki bahan bakar ke filter selanjutnya menuju dinamo lalu ke pressure regulator dan akhirnya dialirkan menuju injektor melalui selang bahan bakar.


Komponen fuel pump terdiri dari:


1. Fuel suction filter

Fuel suction filter atau yang sering disebut filter pompa atau ada juga yang menyebutnya pampers.  Sesuai dengan namanya komponen ini berfungsi menyaring bahan bakar dari kotoran pasir atau kerak yang ada di tangki sebelum di hisap oleh pompa. 


Gambar filter yang bersih dan kotor

 Gejala yang ditimbulkan ketika komponen ini kotor(tersumbat) atau minta di ganti yaitu dengan ciri-ciri motor akan nyendat-nyendat atau brebet bahkan sampai mati mati ketika motor kita pakai saat bahan bakar pada tangki  dalam keadaan sedikit, sebaliknya ketika bahan bakar penuh motor masih dalam keadaan normal. Dari gejala di atas diartikan bahwa tekanan bahan bakar normal tetapi aliran bahan bakar tersendat yang mengakibatkan suplai bahan bakar tidak normal. Untuk cara pemeriksaannya kita bisa melepas konektor selang pada injektor lalu memasukkan konektor(ujung selang) tersebut ke botol,  selanjutnya posisikan kunci kontak ke posisi "on" dan lihat semburan bahan bakar ,Apakah mengalir dengan rata dan lurus atau tersendat-sendat. Ketika aliran terlihat tersendat sendat, maka lakukanlah penggantian filter bahan bakar tersebut. 


2. Pompa
Gambar Dinamo fuel pump

Komponen ini ada juga yang menyebutnya  dinamo atau yang pamiliar di kalangan mekanik motor menyebutnya rotak. Ya apapun sebutan namanya komponen yang dimaksud sama saja. Komponen inilah yang mengalirkan bahan bakar menuju injektor setelah melalui filter,  bahan bakar diisap pompa  dan dialirkan menuju selang  yang terhubung ke injector dengan nilai tekanan tertentu. Untuk nilai tekanan dari pompa ini sudah diatur pabrikan biasanya kurang lebih di kisaran 40 psi. 

 Untuk mengetahui apakah tekanan bahan bakar masih normal atau kurang, kita bisa mengukurnya dengan menggunakan alat "FUEL PRESSURE GAUGE ". Dengan menggunakan alat ini kita dapat melakukan langkah selanjutnya apakah dilakukan penggantian atau masih bisa dipakai.  Ketika tekanan pompa ini kurang gejala yang ditimbulkan sebagian akan sama dengan rusaknya filter bahan bakar ,tetapi gejala yang timbul ini akan terasa di semua keadaan keadaan bahan bakar, baik penuh atau sedikit.

  

Gambar saat pemeriksaaan menggunakan fuel pressure gauge


Ketika motor menimbulkan gejala dan dilakukan pengukuran tekanan pompa bahan bakar, hasil yang diperoleh di bawah standar pabrikan maka harus dilakukan penggantian fuel pump, untuk langkah penggantian kita bisa melakukan penggantian satu set langsung pasang atau  juga bisa melakukan hanya mengganti dinamonya saja. Perlu diketahui untuk penggantian dinamo tunggal pabrikan tidak menyediakan, pabrikan menyediakan satu set langsung .  Tapi tenang saja ketika bajet kurang  untuk membeli fuel pump satu set, merek lain ada kok menjual dinamo tunggal saja. 

3. Fuel pressure regulator

Mungkin komponen ini jarang diketahui oleh orang banyak karena letaknya. Letak dari komponen ini terletak di antara dinamo dan outputnya bahan bakar pada fuel pump unit. komponen ini berfungsi mengatur tekanan bahan bakar agar tetap atau tidak melebihi standar pabrikan. Ketika kunci kontak di posisi "on" tetapi pompa sudah bekerja sedangkan injector belum membuka maka tekanan akan menumpuk pada selang bahan bakar, dikawatirkan akibat dari tekanan berlebih itu selang bahan bakar akan jebol. Atas dasar itulah dilakukan penambahan komponen ini.  

Cara kerja dari komponen ini adalah ketika tekanan berlebih pada selang , mengakibatkan pegas pada komponen ini tertekan dan akhirnya membuka katup, sehingga bahan bakar yang ada di Selang itu kembali masuk ke tangki bahan bakar.  



Pada kasus tekanan fuel pump yang lemah ,saluran ini jadi sasaran akalan-akalan untuk  menaikkan kembali tekanan fuel pump yang lemah.  Karena ketika saluran ini ditutup bahan bakar yang kembali ke tangki bahan bakar tidak jadi masuk ke tangki dan mengakibatkan tekanan fuel pump naik bisa-bisa melebihi batas standar. Karena dapat merusak komponen yang lain cara ini tidak dianjurkan kecuali dalam keadaan darurat. 


4. Float / pelampung.

 Sama halnya dengan tipe motor konvensional.  Komponen ini juga terletak di bagian fuel pump pada tangki bahan bakar. Fungsinya untuk memberikan sinyal kepada fuel meter untuk selanjutnya pengendara dapat mengetahui volume bahan bakar yang tersisa di tangki .  

Pelampung ini bekerja sesuai dengan kapasitas bensin dia akan naik turun sesuai kapasitas bensin . Naik turunnya pelampung mengakibatkan perubahan perubahan resistansi yang dilaporkan ke fuel meter. 

Gambar pelampung



Kerusakan-kerusakan pada fuel pump :

1. tekanan bahan bakar lemah bahkan                 sampai mati

2. Filter tersumbat atau kotor

3. Fuel meter tidak bekerja


Dari kerusakan di atas kita dapat mengambil tindakan: bisa diakali , selanjutnya bisa kita perbaiki ,bisa juga mengganti sebagian komponen atau bisa juga mengganti langsung 1set langsung fuel pump nya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan blok silinder lengkap

Spul Sepeda Motor

Rumus Menghitung shim pada mesin DOHC